Gelar Baksos Kesehatan, Gubernur Lampung Apresiasi Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia

  • Whatsapp

Grafiknews.com, Bandar Lampung- Dengan Tzu Chi yang berarti memberi dengan cinta kasih, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Kantor Penghubung Lampung menebarkan cinta kasih kepada seluruh masyarakat dengan menggelar bakti sosial kesehatan Tzu Chi ke-142, dengan kegiatan operasi gratis bagi penderita katarak, pyterigium, hernia, dan benjolan atau minor (bukan kanker atau tumor).

Kegiatan bakti sosial kesehatan ini berlangsung di Rumah Sakit Budi Medika Teluk Betung, Bandar Lampung, Jumat 1 Desember 2023. Sebelumnya dilakukan proses screening yang dilakukan di Aula Korem 043/Garuda Hitam Lampung, pada Sabtu (26/11/2023) lalu.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan bakti sosial yang diselenggarakan dan memberikan manfaat besar untuk kemanusiaan. Menurutnya, dalam kegiatan ini bisa melihat orang yang mampu menolong yang tidak mampu.

“Jangan tanyakan apa yang kamu dapat tapi tanyakanlah apa yang bisa kita perbuat. Pemda bersama masyarakat memiliki tanggung jawab bersama untuk memastikan masyarakat memperoleh akses yang sama dalam pelayanan kesehatan,” kata Gubernur Arinal.

Arinal menjelaskan, akses pelayanan kesehatan yang adil dan merata akan mewujudkan masyarakat yang produktif dan sejahtera, hal ini sejalan degan salah satu misi Pemerintah Provinsi Lampung yaitu mewujudkan Lampung Sehat. “Semoga kegiatan yang dilandasi oleh kemanusiaan ini dapat memberikan manfaat yang besar kedepannya bagi masyarakat,” jelas dia.

Gubernur berharap agar kegiatan bakti sosial ini tidak hanya dilakukan saat ini saja, namun menjadi program rutin setiap tahunnya sehingga semakin banyak masyarakat yang merasakan manfaatnya. “Langkah nyata yang dilakukan saat ini dan sangat penting untuk masyarakat agar dapat akses terhadap kesehatan dengan baik,” ucapnya.

Danrem 043/Gatam Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin mengatakan dalam sambutannya yang dibacakan Kasi Renprogar Korem 043/Gatam Kolonel Inf Bambang Semiana, mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada tamu undangan yang mana bisa meringankan langkahnya untuk menghadiri kegiatan bakti sosial operasi katarak, pyterigium, hernia, dan benjolan yang diselenggarakan oleh Yayasan budaya suci Indonesia.

“Salah satu tujuan dilaksanakan operasi katarak hernia dan benjolan ini sebagai salah satu upaya meningkatkan silaturahmi dan hubungan yang lebih harmonis dengan seluruh masyarakat, terima kasih juga saya ucapkan kepada donatur dan panitia yang telah bersusah payah mengadakan kegiatan ini sehingga dapat berjalan dengan baik,“ kata dia.

Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Kantor Penghubung Lampung Aleysius Bunawan menjelaskan, kegiatan bakti sosial ini merupakan bentuk cinta kasih Tzu Chi Lampung kepada masyarakat. Dan telah mendapat dukungan dari banyak pihak yaitu Pemerintah Provinsi Lampung, Korem 043/Gatam, dan para pengusaha di Lampung yang bersumbangsih dana.

“Kita ingin berbagi cinta kasih agar masyarakat bisa sehat dan beraktivitas normal kembali. Kita juga berterima kasih atas dukungan dan bantuan yang telah diberikan. Terima kasih kepra Pak Widarto yang telah menyediakan RS Budi Medika sebagai tempat dilaksanakan operasi katarak, hernia, benjolan minor dan bibir sumbing ini,” jelas dia
Usai proses screening dari jumlah peserta yang mencapai 620 orang, terdiri dari pasien katarak 464 orang, minor 105 orang, hernia 45 orang, palato 3 orang, dan bibir sumbing 3 orang. Peserta yang lolos ada 280 pasien. Terdiri dari pasien katarak 168, pasien pyterygium 34, pasien hernia 25, pasien minor GA 15, pasien minor local 36, pasien palato 2 orang. Dokter yang melakukan operasi ini ada sebanyak 25 dokter.

Relawan Tzu Chi Lampung berharap dengan bakti sosial kesehatan ini, warga pra-sejahtera yang tidak mempunyai BPJS dapat terbantu. Penderita katarak dapat melihat kembali dengan jelas. Penderita hernia, benjolan dapat dioperasi agar tidak mengganggu aktifitas, dan penderita bibir sumbing dapat normal kembali.

Turut hadir dalam pembukaan kegiatan operasi gratis bakti sosial kesehatan Tzu Chi ke-142, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Danrem 043/Gatam Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin yang diwakili Kasi Renprogar Korem 043/Gatam Kolonel Inf Bambang Semiana, Pemilik Rumah Sakit Budi Medika Widarto Oey, Ketua Yagasan Buddha Tzu Chi Kantor Penghubung Lampung Aleysius Bunawan, Forkompimda, dan segenap pengurus dan relawan Tzu Chi Lampung.

Untuk diketahui, Yayasan Buddha Tzu Chi merupakan lembaga sosial kemanusiaan yang didirikan oleh Master Cheng Yen pada tahun 1966 dan berpusat di Hualien, Taiwan. Tzu Chi hingga kini telah tersebar ke 67 negara di dunia dan telah memberikan bantuan ke lebih dari 128 negara (data per tahun 2022 ) tanpa memandang suku, ras, dan agama karena memiliki prinsip pada cinta kasih universal. (rls)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *