Pelestarian Adat, Seni dan Budaya Akan Menjadi Prioritas Paslon M Saleh Asnawi – Agus Suranto.

  • Whatsapp

Grafiknew.com, Tanggamus – Pestarian Budaya menjadi atensi pasangan calon M Saleh Asnawi- Agus Suranto jika terpilih menjadi Bupati Tanggamus.

Komitmen itu terlihat pada pertemuan M Saleh Asnawi dengan PYM SPDB Pangeran Edward Syah Pernong, Sultan Skala Brak yang Dipertuan Ke-23, Kepaksian Pernong Lampung di Jakarta 13/9/2024.

Pertemuan dengan mantan kapolda lampung itu menjadi momen penting dalam membahas pelestarian budaya dan masa depan kabupaten berjuluk bumi begawi jejama. Kesempatan itu kedua tokoh tersebut berdiskusi berorientasi pada upaya menjaga warisan budaya lokal sebagai bagian integral dari pembangunan daerah.

M Saleh Asnawi mengatakan, pelestarian budaya lokal merupakan salah satu prioritas dalam program kerjanya paslon MSA-AS. Karena menurut dia, identitas budaya lokal, seperti adat istiadat, seni dan budaya tradisional serta nilai-nilai kearifan lokal, merupakan pondasi kuat untuk membangun masyarakat yang berdaya dan mandiri, ” Katanya.

M Saleh Asnawi berujar, bahwa adat, senin dan budaya itu bukan hanya sekedar peninggalan leluhur, tetapi juga modal sosial yang dapat memperkuat ikatan antar warga yang berdampak kepada kemajuan daerah melalui potensi pariwisata dan pendidikan budaya, demikian tutupnya.

Kesempatan yang sama, Edward Syah Pernong, Sultanan Paksi Pak Sekala Brak, menekankan pentingnya menjaga dan mempromosikan budaya asli lampung khususnya di kabupeten tanggamus.

Bahkan ia berpandangan tentang bagaimana budaya lokal dapat menjadi benteng pertahanan moral dan sosial di tengah perubahan zaman yang cepat serba digitalisasi.

Dirinya juga berharap kepada pemangku kepentingan bahwa pelestarian budaya tidak hanya dilakukan melalui seremonial, tetapi juga dengan mengintegrasikan nilai-nilai budaya ke dalam kehidupan sehari-hari dan pemerintahan, ungkapnya.

” Dengan menjaga kelestarian situs-situs bersejarah, adat istiadat, dan seni tradisional, nanti dapat menarik wisatawan lokal maupun internasional ke tanggamus, yang pada akhirnya dapat memberikan dampak positif pada perekonomian daerah.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *