Nelayan Pesisir Way Nipah Terima Bantuan Alat Tangkap Ikan.

  • Whatsapp

Grafiknews.com, Tanggamus – Nelayan Pematangsawa terima bantuan Sarana Prasarana Nelayan. Bantuan itu diserahkan langsung oleh Sekdakab Tanggamus ditengah acara Lonching Peresmian Program Gerakan Terpadu Kampung Pesisir (Gardu) di Pekon Waynipah. Rabu 4/9/2024.

PJ. Sekdakab Tanggamus Suaidi mengatakan, peresmian kampung pesisir ini merupakan simbol komitmen pemerintah dalam mendukung masyarakat pesisir, juga sebagai bukti semangat gotong royong dan sinergi antara pemerintah dengan masyarakat, dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir.

Menurut dia, gardu kasir ini bertujuan untuk menghimpun kegiatan yang berkaitan dengan pembangunan di wilayah pesisir, agar program dan kegiatan dilaksanakan oleh sektor-sektor terkait secara terpadu dan berkelanjutan.

Dalam upaya percepatan pembangunan wilayah pesisir tanggamus, Pemda Tanggamus telah meluncurkan program GEMPITA (Gerakan
Membangun Masyarakat Pesisir Tanggamus) sejak tahun 2023. Program itu adalah penyediaan desain pengembangan kawasan serta rancangan program kegiatan pemberdayaan masyarakat pesisir, yang bermuara pada satu visi yaitu, pesisir tanggamus maju dan berkelanjutan.

Adapun tujuan program GEMPITA yaitu, terwujudnya rencana pengelolaan dan pemanfaatan potensi pesisir tanggamus serta meningkatkan peranserta masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya dalam pengelolaan pesisir tanggamus, dan mendorong akses infrastruktur pemanfaatan pesisir secara optimal berkelanjutan dan berkeadilan, untuk mewujudkan kawasan teluk lampung sebagai kawasan wisata terpadu, ujaranya.

Suadi berharap, melalui gardu kasir ini, nantinya bisa meningkatkan kapasitas masyarakat pesisir, baik dalam hal teknologi perikanan, pengelolaan sumber daya alam, maupun dalam pengembangan produk produk unggulan yang memiliki nilai tambah, dengan demikian kesejahteraan dan kemandirian masyarakat
pesisir akan semakin meningkat, Jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tanggamus, Darma mengatakan, program gardu pesisir ini nantinya diharapkan bakal memberikan epek yang siknipikan kepada masyarakat nelayan, sehinga mereka akan lebih bersemangat melaut, seryq menghasilkan tangkapan lebih tinggi, secara otomatis akan berdampak kepada kesejahtraan nelayan itu sendiri.

Darma berujar, kedepannya untuk ekonomi biru tanggamus diseluruh stekholder yang ada, bisa bersama-sama memperbaiki pesisir mulai dari kabupaten, provinsi dan pusat khususnya kabupaten tanggamus.

Kepala pekon waynipah, Afrial mengucapkan terima kasih serta mensuport langkah pemkab tanggamus, provinsi dan pemerintah pusat, karena dengan adanya bantuan ini bisa menunjang aktivitas para nelayann dalam penangkapan ikan.

” Semoga dengan hadirnya program gardu pesisir ini kesejahteraan masyarakat nelayan lebih baik dan sejahtra lagi, demikian harapnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *