Pilkada, Pj. Bupati Tanggamus Beri Sanksi Pecat PNS Tidak Netral

  • Whatsapp

Grafiknews.com, Tanggamus – Sanksi tegas ASN tidak netral pada Pilkada akan di pecat, pernyataan itu disampaikan Pj Bupati Tanggamus pada acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji angota Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada Pilkada 2024 di Gor Ratu Kotaagung. 26 Mei 2024.

Menurut Bupati, jika ditemukan aparatur sipil negara tidak netral pada pilkada nanti, akan ditindak tegas oleh badan pengawas pemilu (Bawaslu) sesuai dengan tingkat kesalahannya mengacu pada UU ASN nomor 5 tahun 2014.

ASN itu wajib menjaga netralitas, artinya birokrasi itu harus profesional dan tidak ikut cawe-cawe politik. Pemda tanggamus tidak henti-hentinya mensosialisasikan itu baik secara lisan saat apel dan tertulis melalui opd masing-masing, agar seluruh asn tidak terlibat dalam politik praktis. “Sanksinya bisa sampai pada pemecetan,” Demikian tegasnya.

Kesempatan itu, bupati mengucapkan selamat kepada angota pps yang sudah dilantik, seraya berharap pelaksanaan pilkada nantinya bisa berjalan aman, damai dan kondusif. Karenanya ia berharap dalam menjalan tupoksinya pps harus mengenali wilayah dan menguasai medan kerja, serta menguasai aturannya. “Ingat untuk suksesnya pilkada, 662 ribu jiwa warga tanggamus berharap kepada pps sebagai penyelengaranya.

Ketua KPU Tanggamus, Angga Lazuardi mengatakan, sebanyak 906 angota pps dari 302 pekon dan kelurahan di 20 kecamatan hari dilantik. Mereka yang dilantik semuanya sudah mengikuti proses sesuai dengan regulasi yang ada.

Tahapan demi tahapan perekrutannya itu semuanya terbuka, disosialisasikan melalui media sosial dan media massa, serta diawasi oleh badan pengawas pemilu dan masyarakat, ujarnya.

” Masa kerja pps selama 8 bulan setelah pelantikan, pps sebagai penyelengara dan pelayan masyarakat pemilih, diharapkan bisa menjaga kondusifitas agar pelaksanaan pilkada nanti bisa berjalan lancar dan sukses dan tidak terjadi konplik, ” Jelas Angga. Mingu 26/5/2024.

Angga juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dana pemkab tanggamus, termasuk pengunaan gedung glora olahraga ratu tanggamus dan fasilitas lainnya, tutupnya.

Hadir pada kegiatan tersebut,
Pj Bupati Tanggamus Mulaydi Irsan, Asisten I Pemkab Tanggamus Sugiono, Kodim 0424 Tanggamus Letkol Inf, Vicky Heru Harsanto, ketua Bawaslu Tanggamus Najih Mustofa, Polres Tanggamus dan Kesbanpol.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *