Pererat Silaturahmi, Gubernur Lampung Halal Bihalal Dengan Masyarakat Tanggamus

  • Whatsapp

Grafiknews.com, Tanggamus – Pj. Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan menghadiri pengajian akbar Pemerintah Provinsi Lampung,.dalam rangka Halal Bi Halal Gubernur Lampung bersama masyarakat Kabupaten Tanggamus. Di Lapangan Margoyoso Sumberejo. Selasa 7/5/2024.

PJ Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan, mengucapkan selamat datang kepada Gubernur Lampung dan rombongan di Pekon Margoyoso Kecamatan Sumberejo,. Kabupaten Tanggamus, dalam rangka pengajian akbar dan halal bi bi halal 1445 h,

Menurut Bupati, kegiatan ini juga untuk mempererat tali silaturahmi antara umaro dan masyarakat sekaligus menjadi pengobat rindu masyarakat tanggamus dengan Gubernur Lampung. “Mudah-mudahan dengan pertemuan ini, akan terbentuk ruang lingkup kepedulian sosial yang senantiasa menjunjung tinggi ukhuwah yang utuh tanpa ada sekat jabatan, suku, bangsa, dan agama,” ujarnya.

Bupati juga mengapresiasi langkah yang sudah dilakukan gubernur dalam pembangunan di kabupaten tanggamus. Berdasarkan data distribusi dan lokasi program/kegiatan provinsi lampung, di kabupaten tanggamus tahun 2024, tercatat sebesar 295,3 milyar rupiah yang terdiri dari 230,2 milyar bersumber dari APBD Provinsi Lampung dan 65,1 milyar yang bersumber dari DAK, dekonsentrasi dan tugas pembantuan anggaran yang dialokasikan tersebut dilaksanakan oleh 30 perangkat daerah di provinsi lampung diantaranya.

Mulyadi Irsan Paparkan  Capaian Pembangunan di Kabuputen Tanggamus Tahun 2024

Di bidang pendidikan, di tahun 2023 telah terbangun Unit Sekolah Baru (USB) SMK Negeri di pulau tabuan kecamatan cukuh balak, kemudian di tahun 2024 ini akan dilaksanakan rehabilitasi kelas, ruang guru ruang dan laboratorium biologi kimia dan fisika serta pengadaan peralatan TIK untuk SMA Muhammadiyah Gisting, SMAN 1 Kelumbayan Barat, SMK PGRI Kotaagung, dan SMKN 1 Talangpadang, SMK Maarif 1 Semaka, SMK Erlangga Tanggamus, SMK Muhammadiyah 1 Kotaagung, dan SMK Harapan Bangsa Tanggamus, SMKN 1 Cukuh Balak, SMKN 1 Air Naningan.

Kemudian di bidang kesehatan, di tahun 2023 telah dilaksanakan peningkatan pelayanan kesehatan di RSUD Batin Mangunang melalui program RSUD Abdul Moeloek sebagai rumah sakit pengampu yang mendukung akreditasi Rumah Sakit Batin Mangunang menjadi Paripurna, serta Puskesmas terakreditasi paripurna dan 12 12 puskesmas terakreditasi utama.

Sementara pada tahun 2024 ini akan dilaksanakan kegiatan.pengadaan obat KIA dan gizi, pengadan media promkes dan informasi hidup sehat, pengadaan Insektisida DBD, pengadaan buku KIA, pamflet KB, dan buku usila.

Lalu dibidang pekerjaan umum dan perumahan rakyat, pada tahun 2023 telah terbangun ruas jalan talangpadang-ngarip, ngarip-ulu semong dan ulu semong-simpang trimulyo sampai dengan simpang sumberjaya sepanjang 90 km, sedangkan pada tahun 2024 ini telah dianggarkan untuk pembangunan, rehabilitasi jalan ruang kuripan sampai kotaagung (Link 047) sepanjang 1 km.

Dan preservasi jalan ruas talangpadang – ngarip (Link 056) sepanjang 1,5 km, preservasi jalan ruas ngarip – ulu semong (Link 057) sepanjang 1,6 km,
Rekonstruksi jalan ruas sukamara – kuripan (Link 036) sepanjang 0,89 km, rekonstruksi jalan ruas sp kiluan sampai umbar (Link 044) sepanjang 1,34 km, rekonstruksi jalan ruas umbar 045) sepanjang 1,1 km.

Rehabilitasi jaringan irigasi di wat ngarip seluas 625 ha, dan way semangka seluas 700 ha. Di bidang kelautan dan perikanan, pada tahun 2023 telah dibangun TPI higienis di kawasan pelabuhan kotaagung, kedepan kabupaten tanggamus akan diupayakan sebagai pusat pengembangan lobster.

Di tahun 2024 ini akan dilaksakan kegiatan bantuan premi asuransi BPJS ketenagakerjaan bidang kelautan dan perikanan, penyediaan prasarana pembudidayaan I
Ikan di laut sebanyak 4 unit serta pelatihan pembudidayaan ikan/CBIB terhadap 30 orang.

Rehabilitasi kolam atau bak pemijahan BBI kotaagung, operasional BPBALP kotaagung, hibah bantuan benih dan pakan ikan sebanyak 1 paket.

Bidang Pertanian yaitu, penyediaan sarana dan prasarana pasca panen, serta sarana pengolahan hortikultura sebanyak 3 unit, pengembangan prasarana kawasan dan komoditi manggis seluas 10 ha, pengembangan prasarana kawasan dan komoditi durian sebanyak 1.500 bibit.

Pembangunan dan rehabilitasi jalan usaha tani dan rehabilitasi jaringan irigasi tersier, promosi penganekaragaman konsumsi pangan sumber daya lokal (Kebun Bibit) berbasis sebanyak 3 kelompok, peremajaan tanaman kopi melalui sambung pucuk seluas 50 ha, demplot budidaya kopi dengan sistem pagar seluas 5 ha serta demplot uji coba budidaya lada dengan sistem organik seluas 1 ha.

Bersamaan, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, mengatakan, kegiatan ini merupakan momentum untuk mempererat tali silaturrahmi bagi kita semua dan juga menjadi wadah peningkatan keimanan dan ketakwaan kita kepada allah SWT.

Menurut dia, ada satu hal yang ia temukan untuk pengembangan dan peningkatan tarap hidup petani kabupaten tanggamus, yaitu dengan budidaya kopi dan lada. Dirinya juga kesempatan berharap para petani agar bisa masuk dalam kartu petani berjaya, yang jadi nantinya bisa membantu masyarakat tanggamus mengelola pertanian nya, serta bisa mendapatkan pinjaman modal sebesar 50 juta rupiah tampa agunan, ujarnya.

Hadir dalam kegiatan itu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, ketua tim penggerak PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, Ustad Asep Kholis Nurjamil, Ketua DPRD Kabupaten Tanggamus, FORKOPIMDA Kabupaten Tanggamus, para Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Provinsi Lampung, Kepala Kementerian Agama dan Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Lampung, Sekdakab Tanggamua, para Staf Ahli Bupati dan Asisten Sekretariat Daerah Kabupaten Tanggamus, Para Kepala Perangkat Daerah dan Camat se-Kabupaten Tanggamus, ketua tim penggerak PKK dan ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Tanggamus, ketua Organisasi Wanita se-Kabupaten Tanggamus, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Insan Pers dan Unsur Ormas se-Kabupaten Tanggamus

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *