Rektor Unila Lantik Warek dan Ketua LPPM, Inilah Pesan Rektor Untuk Pejabat yang Dilantik!

  • Whatsapp

Grafiknews.com, Bandar Lampung- Rektor Universitas Lampung melantik wakil rektor dan ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Universitas Lampung periode 2023 hingga 2027. Pelantikan diselenggarakan di ruang pelantikan gedung rektorat pada kamis, 16 Fabruari 2023.
Berikut daftar pejabat baru yang telah dilantik:

1. Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, S.Si., M.T., sebagai Wakil Rektor I universitas lampung menggantikan, Prof. Muhardi,
2. Rudy, S.H. L.LM., L.LD sebagai Wakil Rektor II universitas lampung menggantikan Prof. Asep sukohar.
3. Dr. Anna Gustina Zainal, S.Sos., M.Si sebagai Wakil Rektor III universitas lampung menggantikan Prof. Yulianto.
4. Dr. Ayi Ahadiat, S.E., M.Ba. sebagai Wakil Rektor IV universitas lampung menggantikan Prof. Suharso.
5. Dr. Habibullah Jimad, S.E., M.Si. sebagai Ketua LPPM universitas lampung menggantikan Rudy, S.H.

Rektor Universitas Lampung, Prof. Dr. Ir. Lusmeila Afriani, D.E.A., IPM dalam sambutanya mengatakan, untuk para pejabat yang dilantik agar bekerja penuh dedikasi dan penuh rasa tanggung dan menjadi teladan bagi yang lain.

 Ia menambahkan, pejabat dilantik merupakan orang orang pilihan melalui proses dan pertimbangan dari berbagai pihak,  dan ditetapkan berdasarkan kualifikasi dan integritas yang dinilai mampu membuat program inovatif yang menjadi solusi dalam menuntaskan berbagai persoalan di lingkup kerja masing-masing.

Rektor juga kepada pejabat yang dilantik hari ini, yang pertama, wakil Rektor I harus mampu membuat inovasi akademik yang dapat menciptakan suasana proses belajar mengajar atau atmosfir akademik yang baik, nyaman, dan kondusif bagi mahasiswa serta dosen.

Kemudian, mendata dan mengevaluasi mahasiswa/mahasiswi angkatan lama yang masih aktif serta menyiapkan sumber daya dosen yang memiliki kompetensi. Dan yang tak kalah penting memastikan program MBKM di Unila terlaksana dengan baik.

Kedua kepada Rektor II, agar dapat mengelola keuangan kampus dengan sehat dan efektif mulai memikirkan untuk menggali  sumber dana lain. Karena menurutnya, hal tersebut perlu dilakukan karena biaya pendidikan di perguruan tinggi yang semakin besar dan tidak semua mahasiswa mampu membayar.

Maka, kata dia perlu juga inovasi Unila untuk mengembangkan sumber-sumber pendapatan baru unila melalui pemanfaatan sumber daya  yang dimiliki diantaranya Aset Lahan, SDM dan Infrastruktur Laboratorium perlu ditingkatkan.

Selanjutnya untuk wakil Rektor III  yang bertanggung jawab besar berkaitan dengan kemahasiswaan. Mahasiswa adalah ujung tombak dari keberlanjutan Universitas Lampung ke depan. Apalah artinya kampus yang megah, dosen yang profesional dan sarana yang lengkap jika mahasiswanya tidak ada dan tidak dikelola dengan baik.
Wakil  Rektor III agar dapat membimbing mahasiswa dengan baik akrab dan lebih humanis dan mampu menjadi jembatan untuk menghubungkan kepentingan kampus dan mahasiswa, berkomunikasi dengan bahasa mahasiswa sehingga terjadinya sinergi yang baik.

Kemudian untuk Wakil Rektor IV, agar dapat mengembangkan kerja sama dan memperkuat kolaborasi  serta sinergi yang teraktualisasi melalui kontribusi yang maksimal dengan berbagai pihak, serta menjalankan Organizational Partnerships melalui kerja sama yang produktif, bermanfaat, dan berkelanjutan dengan dunia usaha dan dunia industri dan mitra lainnya di dalam dan luar negeri.

Upaya yang harus dilakukan untuk mewujudkan cita-cita besar Unila menuju World Class University melalui peningkatan dan pengembangan digitalisasi kampus serta pemeringkatan perguruan tinggi .

Rektor juga berpesan kepada Ketua LP2M yang baru, untuk dapat menguatkan agenda riset yang berorientasi pada inovasi dan pengembangan berbasis IPTEKS dalam rangka meningkatkan REPUTASI AKADEMIK Unila.

 Melakukan penguatan antara lain dengan mengoptimalisasikan  pelibatan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) dalam riset dosen dan mahasiswa, meningkatkan paten dan hilirisasi produk, memfasilitasi dan melakukan pendampingan pada  pengelola jurnal ilmiah untuk percepatan indeksasi yang bereputasi, yang targeted dan terukur, Meningkatkan jumlah dosen yang memperoleh Hibah riset internal dan eksternal yang kolaboratif secara proposional dan pemberian  insentif  publikasi di jurnal nasional terakreditasi dan prosiding internasional bereputasi.

 

Di bidang Pengabdian kepada Masyarakat, s berharap Ketua LP2M dapat meningkatkan jumlah dan relevansi pengabdian masyarakat yang terintegrasi dengan kegiatan pendidikan dan penelitian SECARA PROPORSIONAL, Meningkatkan kebermanfaatan produk, jasa, dan inovasi sivitas akademika yang diadopsi untuk memenuhi kebutuhan industri, dunia usaha dan dunia kerja.

 

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *