Nunik : Pemprov Lampung Terus Beri Bantuan Terdampak Covid-19

  • Whatsapp

LAMPUNG — Pemerintah Provinsi Lampung bersama PKK Provinsi Lampung terus bergerak melakukan aksi nyata, dalam bentuk imbauan dan edukasi kepada masyarakat bagaimana cara mencegah penyebaran rantai Covid-19.

“Termasuk dengan memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak secara ekonomi,” ujar Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim, Rabu 20-Mei-2020.

Nunik, sapaan akrab Chusnunia, menyebutkan beberapa kegiatan, salah satunya memberikan paket sembako diantaranya sebanyak 2.250 paket kepada 15 TP PKK Kabupaten/Kota.

Khusus mahasiswa/i serta masyarakat Lampung di perantauan yang tidak mudik akibat terdampak Covid-19, lanjut Nunik, Kementerian Sosial RI melalui Pemerintah Provinsi Lampung telah memberikan bantuan sosial kepada 850 orang.

“Dengan rincian 239 mahasiswa/i dan 611 orang masyarakat Lampung Perantauan yang tersebar di Jakarta, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, Ponorogo, Surabaya dan Malang,” katanya.

Kepada para mahasiswa yang berada di Lampung maupun di perantauan,  Nunik meminta untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, tetap di rumah saja, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setiap selesai melaksanakan aktivitas.

“Makan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, dan aktivitas fisik secara teratur. Jika terpaksa keluar rumah, gunakan masker, jaga jarak dan hindari keramaian. Tunda dulu kumpul-kumpul bersama teman,” ujarnya.

Nunik juga mengapresiasi para pihak, termasuk mahasiswa yang telah mengikuti anjuran pemerintah untuk menunda pelaksanaan mudik.

“Dengan tidak mudik bukan berarti kita tidak sayang kepada orang tua dan keluarga, malah sebaliknya kita telah melindungi orang-orang yang kita sayangi dari kemungkinan tertular Covid-19, yang mungkin saja dapat menulari kita pada saat perjalanan mudik. Lakukan silaturahmi melalui telepon atau video call,” ungkapnya.

Sementara itu, Dekan FP Unila Irwan Sukri Banuwa menyampaikan ucapan terimakasih kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim, atas kepedulian terhadap bantuan yang diberikan.

Irwan menjelaskan mahasiswa yang terdampak Covid-19 ini ada yang berasal dari Provinsi Lampung dan luar Provinsi Lampung yang tidak pulang kekampung halamannya.

“Para mahasiswa ini di satu sisi tidak bisa pulang kerumah orang tua masing-masing dan disisi lain, tidak bisa mendapat kiriman dari orang tua masing-masing,” katanya.

Irwan menyebutkan Gubernur Arinal secara cepat merespon Unila yang memiliki mahasiswa terkena dampak Covid-19.

“Alhamdulillah beberap hari yang lalu saya menghadap Bapak Gubernur dengan menceritakan persoalan yang dihadapi oleh para mahasiswa. Tanpa berfikir panjang Bapak Gubernur dengan cepat memberikan bantuan melalui Ibu Riana Sari Arinal kepada mahasiswa Unila terdampak pandemi Covid-19 dan alhamdulillah hari ini bantuan bisa kita terima,” ujarnya.(rls)

Foto : Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim (Nunik) (ist)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *