Pj. Gubernur Lampung Tinjau Wilayah Rawan Banjir di Rajabasa: Fokus pada Perbaikan Sungai dan Penegakan Perda Kebersihan

  • Whatsapp

 

Grafiknews.com, Bandar Lampung – Penjabat (Pj) Gubernur Lampung, Samsudin, didampingi oleh Pjs. Walikota Bandar Lampung, Budhi Darmawan, meninjau langsung pemukiman rawan banjir di Jl. Nunyai Gg. Hi. Ismail, Kelurahan Rajabasa, pada Rabu (23/10/2024).

Dalam kunjungannya, Pj. Gubernur menegaskan pentingnya perbaikan aliran sungai di daerah Nunyai Rajabasa secara bertahap, termasuk penanaman pohon dan pembuatan resapan air. “Kita harus siap menghadapi peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan dengan memperbaiki wilayah-wilayah rawan banjir di beberapa titik di Provinsi Lampung,” ungkap Samsudin.

Ia juga menekankan pentingnya penanganan aliran sungai yang terhambat, terutama karena adanya rumah-rumah yang berdiri di atas aliran sungai. Pj. Gubernur meminta Pjs. Walikota untuk segera memberi peringatan dan mencari solusi bagi rumah-rumah tersebut agar aliran sungai dapat berjalan lancar.

“Saya mengimbau warga di sekitar aliran sungai untuk lebih peduli, terutama menjelang musim hujan, agar air bisa dikendalikan dan tidak menimbulkan dampak buruk bagi orang lain,” tambahnya.

Pj. Gubernur juga meminta Pemerintah Kota Bandar Lampung untuk menegakkan Peraturan Daerah (Perda) terkait kebersihan lingkungan aliran sungai. “Jika sudah ada Perdanya, maka tegakkan aturan tersebut agar masyarakat patuh dan tidak melanggar,” tegasnya.

Pjs. Walikota Bandar Lampung, Budhi Darmawan, menyampaikan apresiasi atas perhatian Pj. Gubernur yang meninjau langsung wilayah rawan banjir di Bandar Lampung. Ia juga menyatakan bahwa Pemkot akan melakukan berbagai aksi, seperti pembuatan biopori, pembersihan sungai, serta pengecekan bangunan yang berpotensi menghambat aliran air.

Pemerintah Kota Bandar Lampung juga berkolaborasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai untuk menemukan solusi jangka pendek, menengah, hingga panjang dalam menanggulangi banjir di wilayah ini.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *