Pj Bupati Tanggamus Hadiri Festival ke 10 Museum Keratuan Semaka

  • Whatsapp

 

Grafiknews.com, Tanggamus – Pj Bupati Tanggamus diarak menggunakan Awan Gemisekh dan Pencak Khakot menuju Museum Keratuan Semaka, hadiri Festival Seni dan Budaya ke 10 Museum Keratuan Semaka Sabtu kemarin 7/9/2024.

Tokoh Adat Pekon Sanggi Unggak, Abu Sahlan menyampaikan, digelarnya Festival seni dan budaya Museum Keratuan Semaka yang ke 10 ini merupakan bagian untuk melestarikan adat dan budaya lampung khususnya di Kabupaten Tanggmus agar tidak punah.

Menurut dia, museum keratuan semaka merupakan salah satu museum yang terletak di Pekon Sangi Ungak, Kecamatan Bandar Negeri Semuong berdiri pada tahun 2015 silam, dan sudah berbasis digitalisasi, ujarnya.

Dalam museum tersebut tersimpan beberapa jenis benda-benda kuno dan bersejarah diantaranya, baju perang, pedang dari kesultanan banten, kemudian ada juga keramik jaman dinasti tan abad 11, juga pecahan keramik dari kerajaan tumasek singapura dan dari sisa kolonialisme belanda, jelasnya.

Bersamaan, Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan sangat mengapresiasi tergelarnya acara ini, menurut dia, festival seni budaya ini merupakan suatu bukti nyata juga menjadi perwujudan komitmen kita bersama bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah, seni dan budaya sehingga menjadi kewajiban dan komitmen bersama untuk terus melestarikannya.

“Alhamdulillah, festival ini menjadi suatu kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri. Saya sangat mengapresiasi, karena dengan gelaran ini kita betul-betul berkomitmen untuk menjaga dan melestarikan seni budaya,” ungkap Mulyadi.

Bupati berujar, tentunya ini suatu kewajiban kita untuk selalu melestarikan dan mengenalkannya kepada anak-anak generasi penerus kita, untuk membangkitkan rasa cinta mereka, sehinga mereka kelak bisa menjaga serta melestarikannya agar tidak tergerus oleh seni budaya luar.

Bupati berharap, dengan kekhasan daerah dan warisan leluhur, tentunya Pemkab Tanggamus mendukung dan mensuport serta harapannya juga menjadi tanggung jawab semua masyarakat untuk selalu mlestarikannya, demikian tutupnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Pj Sekdakab Tanggamus, ketua tp PKK dan jajaran, ketua GOW Kabupaten Tanggamus, Camat BNS dan para Kepala Pekon Se-Kcamatan BNS serta para Tokoh Adat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *