Pj. Gubernur Samsudin Dorong Konsumsi Ikan Sebagai Upaya Penurunan Stunting

  • Whatsapp

Grafiknews.com, Bandar Lampung- Tulang Bawang (sundalanews.com) – Penjabat Gubernur Lampung Samsudin menyatakan bahwa Provinsi Lampung mempunyai Potensi ikan yang luar biasa, sehingga konsumsi ikan dalam upaya pencegahan stunting harus digalakkan.

Hal tersebut disampaikan oleh Penjabat Gubernur Lampung Samsudin saat melakukan kunjungan kerja ke Tulang Bawang di Kampung Kagungan Rahayu, Kecamatan Menggala, Kamis (08/08/2024).

“Motto ‘Udang Manis’, berarti mottonya sudah benar, udang itu termasuk seafood. Potensi ikan kita di Lampung ini sangat luar biasa. Jadi, saya minta untuk menggalakkan makan telur, digalakkan juga makan daging ayam, digalakkan juga makan ikan,” tegas Samsudin.

Menurut Samsudin, Stunting merupakan tantangan besar dalam pembangunan kesehatan dan kualitas bagi generasi penerus bangsa.

“Stunting tidak hanya berdampak pada pertumbuhan fisik anak, tetapi juga mempengaruhi perkembangan kognitif dan kualitas hidup mereka di masa depan. Jangan lagi generasi yang akan datang itu seperti kita, tapi harus lebih bagus, lebih baik, tinggi, cerdas dan itu harapan bangsa,” lanjutnya.

Samsudin melanjutkan bahwa berdasarkan hasil data Survey Kesehatan Indonesia tahun 2023 yang baru rilis beberapa waktu yang lalu, angka stunting dari 26,26% di tahun 2019, turun menjadi 14,9% di tahun 2023. Data ini menunjukkan bahwa Provinsi Lampung berada di peringkat keempat dengan prevalensi stunting terendah di Indonesia.

Dengan demikian, Samsudin menegaskan bahwa upaya penanganan stunting harus menjadi prioritas bersama.

“Dengan mengintegrasikan berbagai program, mulai dari peningkatan gizi, pemeriksaan kesehatan rutin, hingga edukasi kepada masyarakat, kita dapat memerangi stunting dan memastikan anak-anak kita mendapatkan start yang baik dalam kehidupan mereka,” lanjutnya.

Samsudin juga menegaskan bahwa gizi pada ibu dan anak mempunyai peranan yang sangat besar dalam pencegahan stunting.

“Penanganan gizi yang baik kepada ibu dan anak harus dilakukan sejak dalam kandungan. Itu mempunyai peran yang sangat signifikan dalam pencegahan stunting,” tegasnya.

Samsudin mengajak seluruh pihak untuk mendukung dan meningkatkan kualitas layanan posyandu di daerah.

“Mari kita dukung dan tingkatkan kualitas layanan posyandu di daerah kita khususnya di Kabupaten Tulang Bawang. Posyandu digerakkan lagi dengan sebaik-baiknya, diaktifkan, bukan hanya sekadar menimbang bayi tetapi posyandu harus diaktifkan sebagai sentral kesehatan, sentral kegiatan masyarakat,” ajaknya.

Dalam kunjungannya ke Tulang Bawang di Balai Tiyuh Kagungan Ratu, Kecamatan Tulang Bawang Udik, Samsudin juga menyerahkan sejumlah bantuan yang diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat yang menerimanya.

“Diharapkan bantuan sosial dapat meringankan beban masyarakat. Bantuan ini adalah bentuk komitmen kita dalam mendukung kesejahteraan masyarakat, terutama bagi mereka yang membutuhkan. Semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kualitas hidup,” pungkasnya.

Dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Tulang Bawang, Pj. Gubernur Lampung, Samsudin didampingi oleh Pj. Ketua TP. PKK Provinsi Lampung, Maidawati Retnoningsih bersama segenap Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dilingkungan Pemerintah Provinsi Lampung sekaligus melakukan berbagai peninjauan dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan secara bersamaan di area sekitar tempat kegiatan dilaksanakan.rilis

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *