Jelang Pilkada , Kebutuhan Calon PKD Tanggamus Masih Jauh Dari Target

  • Whatsapp

Grafiknews.com, Tanggamus – Hari ketiga pasca dibukanya pendaftaran calon angota Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) pada Pemilukada 2024 oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tanggamus, tercatat baru 222 pelamar yang mendaftar.

Koordinator Divisi SDM, Organisasi dan Diklat Bawaslu Tanggamus Feri Ariyanto menyampaikan, bawaslu tanggamus telah membuka rekrutmen calon angota PKD mulai dari Sabtu sampai dengan Selasa 18 – 21 Mei 2024. Selama tiga baru 222 pelamar yang mendaftar.

Dikatakan Feri, total kebutuhan pendaftar calon sebanyak 604 orang, atau dua kali kebutuhan di setiap pekonnya yang tersebar di 20 kecamatan yang ada. Sampai hari ketiga baru 222 calon pkd yang mendaftar, pendaftaran akan ditutup Selasa malam. 21/5 pukul 23:59 Wib. Apa bila pelamar hari terahir ini belum memenuhi kuota 2 kali kebutuhan dan keterwakilan 30% perempuan, maka akan ada perpa jangan pendaftaran sampai 25 Mei mendatang.

Kemudian tahapan selanjutnya penelitian dan verifikasi berkas, sementara pengumuman hasil verifikasi berkas tanggal 25 – 30 mei, lalu dilanjutkan dengan menerima tangapan dan masukan dari masyarakat, dan yang terahir test wawancara,” ujarnya.

” Tugas pokok dan fungsi pkd harus mampu mengidentifikasi hasil pengawasan mereka dengan cermat terlebih dahulu sebelum meneruskan ke bawaslu, ” Jelasnya kepada RMollampung. Selasa 21/5/2024.

Karennya, imbuh feri, pelaksanaan pengawasan nantinya sudah mencakup proses pengamatan, pemeriksaan serta pencermatan yang akurat, kemudian melakukan melakukan penilaian apakah ada dugaan pelangaran, barula merumuskan dan menaikan ketingkat selanjutnya, demikian tutupnya.

Terpisah, Agus Asikin satu dari ratusan pelamar asal pekon campangtiga, kecamatan kotaagung, berharap dirinya bisa diterima untuk memgabdikan diri sebagai pengawas pada pemilukada serentak yang rencananya akan digelar pada 27 November mendatang.

“Untuk pengalaman kerja, pernah jadi angota pkd pada pemilu 2014, dan pernah menjadi pengawas tempat pemungutan suara (Ptps) pada pemilu 2024 lalu, imbuhnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *