Petani Kopi Tanggamus Terima Bantuan 2 Unit Mesin Perontok Kulit Kopi

  • Whatsapp

Grafiknews.com, Tanggamus – Berdayakan petani kopi tanggamus. PT Tirta Investama menyerahkan bantuan 2 unit Mesin perontok kulit kopi kering (Huller) dan perontok kulit kopi basah/cerry (Pulpen) kepada Petani Kopi Dampingan Program Konservasi, di Dusun Kandis Pekon Kampungbaru Kecamatan Kotaagung Timur.

Stakeholder Relation dan Susdev Manager PT Tirta Investama, Abdul Manaf berharap, dengan intervensi pasca panen ini, dapat dapat membantu kelompok tani menghasilkan biji kopi dengan kualitas prima dan penambahan nilai ekonomi petani kopi sempat.

Menurut Manaf, perusahan yang bergerak pada air minum dalam kemasan (AMDK) merk Aqua itu selalu berkomitmen untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat tanggamus, khususnya masyarakat sekitar perusahan. Semoga melalui program kopi konservasi ini, serta hadirnya bantuan mesin produksi kopi tersebut, bisa meningkatkan kualitas kopi mulai dari penerapan petik cerry juga peningkatan pengelolaan pasca panen, ” Jelasnya disela penyerahan bantuan itu Kamis 25 April lalu.

Dijelaskan Manaf, PT Tirta Investama melalui program corporate social responsibility (CSR) sejak tahun 2020 lalu, memiliki brand kopi Tirto, yaitu konservasi yang memberdayakan petani kopi lokal yang berada di kaki gunung tanggamus dan beberapa lokasi lainnya, dengan memberikan edukasi cara bertani yang ramah lingkungan, mengurangi pemakaian pupuk kimia, menjaga kelestarian alam, serta menjaga dan memelihara area tangkapan air hujan dilereng dan bukit sekitaran gunung tanggamus.

“Hasil panen kopi dari petani Way Kandis itu nantinya akan dibeli oleh mitra offtaker dari Nirudaya, nantinya akan diolah menjadi kopi Tirto, dan produknya akan di konsumsi secara internal karyawan Danone Aqua, juga dijual secara online, ” Jelas Manaf kepada Grafiknews. Senin 29/4/2024

Ajun, ketua Kelompok Tani Kopi Sumber Baru, Dusun Way Kandis, mengucapkan terima kasih atas bantuan mesin perontok serta edukasi budidayanya. Menurut dia, melalui program CSR kopi konservasi Aqua Tanggamus, petani kopi mendapatkan tambahan pengetahuan dan pengalaman cara budidaya kopi ramah lingkungan, juga cara pengolaha hasil panen yang baik dan standar.

Dikatakan Ajun, Kabupaten Tanggamus terkenal penghasil kopi jenis robusta, dengan cita rasa kopi yang sempurna dan aroma kopinya yang harum serta enak dikonsumsi. ” Kami juga juga mendukung kegiatan konservasi air dan lahan yang dilakukan perusahaan, sehinga nanti budidaya kopi mampu mampu membawa dampak sosial, lingkungan, dan ekonomi di kawasan konservasi bunaan kopi tirto, dengan moto “Secangkir Kopi, Merawat Bumi, ujarnya.

Kesempatan itu, Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Tqnggamus, M Dhani Riza, mengucapkan terima kasih kepada PT Tirta Investama, atas bantuan dan bunaannya kepada para petani kopi. Dirinya berharap melalui program CSR ini dapat memberikan manfaat dan kemajuan bagi masyarakat tanggamus, imbuhnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut,
Kepala UPTD KPH Kota Agung, Camat Kota Agung Timur, Koordinator BPP Kota Agung Timur, Aparat Pekon Kampungbaru, serta Mitra Konservasi dan pegembangan Kopi Tirto dari PT. Karya Masyarakat Mandiri dan Nirudaya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *