Gubernur Arinal Luncurkan Warung Sehat di Raman Utara Lampung Timur, Hasil Inovasi dan Kerja Sama PT. Kimia Farma dengan BUMDes

  • Whatsapp

Grafiknews.com, Bandar Lampung- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, didampingi Bupati Lampung Timur Dawam Raharjo, meluncurkan Warung Sehat di Desa Raman Endra, Kecamatan Raman Utara, Lampung Timur, Kamis (12/10/2023).

Warung Sehat ini merupakan hasil inovasi dan kerja sama PT. Kimia Farma (apotek) dengan BUMDes Endra Mulya milik Desa Raman Endra untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat desa dalam memperoleh produk kesehatan.

Selain di desa ini, diluncurkan juga Warung Sehat milik BUMDES Maju Sentosa, Desa Bangun Rejo, Lampung Tengah.

Kedua Warung Sehat ini merupakan yang pertama dilaunching oleh PT. Kimia Farma Apotek di seluruh Indonesia dan akan menyusul 200 BUMDes lainnya di Provinsi Lampung.

Gubernur Arinal mengatakan program Warung Sehat ini selaras dengan kebijakan Pemerintah Provinsi Lampung tentang penguatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan tujuan untuk mempermudah pelayanan masyarakat.

Ia juga menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung berkomitmen untuk terus meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia untuk mewujudkan Tujuan Pembangunan Kesehatan.

“Kita harus buktikan bahwa desa itu bukan sumber daya manusia tertinggal, desa memang menjadi objek pembangunan, perintah Presiden membangun harus mulai dari desa, jadi kita sudah memulainya lebih dulu,” ujarnya.

Sepert diketahui, Program Warung Sehat melalui Badan Usaha Milik Desa ini mendukung program pemerintah dengan adanya integrasi link dengan salah satu program Sehat Berjaya.

Hal tersebut merupakan inovasi terbaru dan pertama di Indonesia dalam rangka penurunan angka stunting, pemberian layanan kesehatan kepada masyarakat dan penyediaan produk kesehatan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan obat, vitamin, perlengkapan bayi dan lain-lainya yang tinggal di desa-desa.

Program ini juga telah memanfaatkan teknologi informasi yang menyediakam laynan online berupa layanan kesehatan kefarmasian dan katalog obat yang dapat diakses masyarakat desa melalui smart village via link Sehat Berjaya.

Gubernur Arinal berharap dengan adanya Kerjasama antara BUMDes dengan PT. Kimia Farma Apotek ini dapat meningkatkan pelayanan kesehatan, pemberdayaan masyarakat, mewujudkan partisipasi dan ketaatan masyarakat dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat sebagai modal pembangunan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat menuju Provinsi Lampung Berjaya.

Lebih dari itu, Gubernur Arinal juga berharap masyarakat desa untuk dapat memnafaatkan BUMDes dengan sebaiknya-baiknya karena BUMDes selain memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan tetapi juga memudahkan masyarakat untuk membayar Pajak Kendaraan Bermotor.

Direktur Utama PT. Kimia Farma Apotek Agus Chandra mengatakan program Warung Sehat ini bertujuan untuk memperluas jangkauan layanan kesehatan kepada seluruh masyarakat Indonesia serta pemerataan layanan kesehatan.

“Karena tujuan kami sebagai bagian daripada BUMN holding farmasi adalah sesuai dengan arahan kementerian BUMN kami harus memberdayakan masyarakat, melakukan pemerataan pelayanan kesehatan dimanapun berada,” ujarnya

Agus mengatakan hal ini merupakan yang pertama bagi PT. Kimia Farma Apotek berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah dan berharap dapat menjadi contoh bagi Pemerintah Daerah lainnya di Indonesia.

Ia juga berharap Warung Sehat kedepannya dapat menjadi pusat pelayanan kesehatan di Desa.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan juga penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) pengembangan gerai Warung Sehat di Provinsi Lampung antara Gubernur Lampung dengan Direktur Utama PT. Kimia Farma Apotek.

Selain itu, ditandatangani juga perjanjian kerjasama layanan kesehatan masyarakat melalui link Sehat Berjaya antara Dinas PMDT Provinsi Lampung, Dinas Kesehatan Provinsi Lampung dan PT. Kimia Farma Tanjung Karang.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *