Gubernur Arinal Buka MTQ ke-50 Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023, Ajak Masyarakat Tumbuhkan Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Wathaniyah, dan Ukhuwah Insaniyah

  • Whatsapp

Grafiknews.com, Bandar Lampung- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-50 Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023 di Lapangan Saburai Korem 043/Gatam, Enggal, Selasa Malam (10/10/2023).

MTQ yang mengusung tema “Dengan MTQ Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023, Kita Wujudkan Generasi Qur’ani untuk Lampung Berjaya” ini dilaksanakan pada tanggal 9-16 Oktober 2023, dimana Kota Bandar Lampung sebagai tuan rumah penyelenggaraan.

Kegiatan ini sendiri diikuti oleh 601 peserta dari 15 Kabupaten dan Kota, Dewan Hakim sebanyak 125 orang dan 12 orang Pengawas.

Dalam sambutannya, Gubernur Arinal mengajak masyarakat dan semua pihak untuk menjadikan Musabaqah ini sebagai wahana untuk menumbuhkan ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah insaniyah.

Gubernur mengatakan MTQ ini merupakan pengembangan syiar Islam dan ikhtiar untuk mengagungkan kalam ilahi, untuk meneguhkan kesucian-Nya, memperkuat keimanan serta memperluas fungsi edukatif daripada kitab suci Al-Qur’an bagi umat Islam.

Menurutnya, MTQ telah memberikan dampak yang besar dalam membangun kecintaan masyarakat terhadap Al-Qur’an.

Gubernur Arinal berharap MTQ tidak hanya menjadi wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Al-Qur’an, tetapi menjadi jalan mengedukasi umat untuk semakin mencintai dan membumikan Al-Qur’an.

“MTQ juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka, selain juga sebagai bentuk dakwah untuk menyempurnakan akhlak kaum muslimin dan Muslimah, nilai-nilai silaturahim dan kebersamaan yang tercipta antar-kafilah di arena MTQ ini akan mengalahkan semangat berlomba untuk menjadi juara,” ujarnya.

Lebih dari itu, Arinal juga mengajak masyarakat Lampung untuk bersama-sama mendo’akan agar pembangunan yang dilaksanakan saat ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses sehingga terwujud-nya Lampung Berjaya.

“Mari kita singkirkan segala perbedaan dan bersama-sama meneruskan dan melanjutkan pembangunan di Provinsi Lampung,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Lampung yang telah mempercayai Kota Bandar Lampung sebagai tuan rumah MTQ ke-50 Provinsi Lampung tahun ini.

Ia berharap perhelatan ini dapat menjadi momentum untuk mewujudkan masyarakat Bandar Lampung khususnya Provinsi Lampung menjadi masyarakat yang Qur’ani dan Imani.

Ketua 1 Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Lampung Puji Raharjo dalam laporannya menyampaikan bahwa MTQ ke-50 Tingkat Provinsi Lampung ini dilaksanakan dibeberapa titik lokasi di Kota Bandar Lampung.

Diantaranya, Musabaqah Tilawatil Qur’an Golongan Tilawah Anak-anak, Remaja, Dewasa dan Tartil Al-Qur’an yang bertempat di Aula Masjid Agung Al-Furqon Bandar Lampung.

Kemudian, Musabaqah Tilawatil Qur’an Golongan Qiraat Murottal Remaja, Qiraat Murottal Dewasa, Qiraat Mujawwad Dewasa, Cacat Netra yang bertempat di Aula Man 2 Bandar Lampung.

Sedangkan, Musabaqah Hifzil Qur’an Golongan Tahfidz 1 Juz, 5 juz, 10 Juz dan 20 Juz  bertempat di Masjid Al-Mujahidin Pahoman Bandar Lampung.

“Lalu Musabaqah Hifdzil Qur’an Golongan Tahfidz 30 dan Tafsir Al-Qur’an bertempat di Masjid Al-Hanif Pemda Kota Bandar Lampung,” ujarnya.

Selanjutnya, Puji juga menyampaikan bahwa Musabaqah Fahmil Qur’an bertempat di Aula SMPN 16 Bandar Lampung, Musabaqah Syarhil Qur’an bertempat di Aula SMPN 1 Bandar Lampung, Musabaqah Khottil Qur’an bertempat di Kampus UTB Bandar Lampung, Musabaqah Makalah Ilmiah Al-Qur’an (M2IQ) bertempat di SMA YP Unila Bandar Lampung dan Musabaqah Hifzhul Hadits bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung.

Puji berharap dengan kesuksesan penyelenggaraan MTQ Tingkat Provinsi Lampung mampu menjadi sumber energi dan motivasi bagi masyarakat muslim secara umum dan khususnya generasi muda untuk makin giat mengaplikasikan nilai-nilai luhur Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

“Dengan demikian kita berharap akan lahir generasi Qur’ani yang akan mampu menerjemahkan Islam sebagai rahmat bagi seluruh alam semesta,” ujarnya.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *