Bakar Sampah dan Buang Puntung Sembarang Penyebab 63 Hektar Lahan Kebakaran

  • Whatsapp

Grafiknews.com, Bandar Lampung- Kebakaran lahan naik secara signifikan di bulan Agustus – September menjadi 106 kali. Sekitar total 63 Hektar lebih lahan terbakar secara akumulatif di kota Bandar Lampung, Selasa (26/9).

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bandar Lampung Anthoni Irawan. Ia mengatakan, kebakaran tersebut disebabkan membakar sampah sembarangan dan membuang puntung rokok sembarangan.

“Selama bulan Agustus sampai September ini terjadi kenaikan signifikan, dimana pada bulan Juli kebakaran lahan berkisar antara 12 sampai 13 kali. Namun, di bulan Agustus peningkatan signifikan menjadi 43 kali dan di bulan September pertanggal 25 kemarin terjadi 63kali kebakaran,” ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bandar Lampung Anthoni Irawan.

Lanjutnya, untuk luasan lahan di bulan Agustus sudah 10 hektar lebih yang terbakar dan bulan September 53 Hektar lebih lahan yang terbakar secara Akumulatif.

Dalam hal itu, Anthoni Irawan mengatakan terjadinya kebakaran tersebut disebabkan oleh warga masyarakat yang membakar sampah sembarang dan membuang puntung rokok sembarangan.

” Tentunya ini menjadi potensi bersama Pemerintah Kota bagaimana upaya-upaya untuk menanggulangi terjadinya kebakaran lahan. Dan kami juga bersama Pemerintah Kota Bandar Lampung tidak hentinya menghimbau masyarakat agar senantiasa tidak abai dalam kondisi kekeringan,” jelasnya.

Kemudian, dalam upaya lain. Anthoni Irawan menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiagakan 14 pos di setiap kecamatan dengan 4 orang personil yang dimana masing-masing pos tersebut disediakan mobil Armada kebakaran.

“Untuk di kantor Makotandem sendiri disiagakan 4 Armada beserta 23 personil yang bertugas 1×24 jam melayani laporan kebakaran,” katanya.

Kemudian, untuk daerah yang sering terjadi kebakaran. Anthoni Irawan menjelaskan ada beberapa titik yakni Kemiling, Sukabumi dan Teluk Betung Timur.

“Ada beberapa daerah di Kota Bandar Lampung yang sering terjadi kebakaran yakni Sukabumi di pegunungan seperti campang jaya dan di way gubak, teluk Betung Timur di kawasan puri gading dan di gunung sukamaju, kemudian Kemiling itu di beringin Raya dan bukit Kemiling permai,” tandasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *