Budhi Condrowati: Transparansi PPDB SMA N 1 Kota Metro Perlu Perbaikan.

  • Whatsapp


Grafiknews.com, Bandar Lampung- Anggota Komisi V DPRD Lampung, Budhi Condrowati, mengatakan, SMA N 1 Kota Metro transparansi penerimaan peserta didik baru perlu dievaluasi kembali. Karena jika dicermati dari jalur prestasi, maupun zonasi belum nampak jelas transparansinya

Hal tersebut terungkap saat rapat dengar pendapat Komisi V dengan Pihak sekolah SMA N1 Kota Metro, kamis, 18/7/2022.

“Karena letak permainan ini bisa saja disini jalur prestasi ini peluangnya ada rasa ketidakadilan di jalur non akademiknya,” kata politisi PDI Perjuangan ini.

Menurutnya, dua sistem yang digunakan butuh konsentrasi perbaikan dari Disdik. Sehingga, kekhawatiran dan asumsi negatif diluaran tidak berkembang meluas. Terlebih apa yang sudah terjadi di SMAN 1 Metro kemarin.

Misalkan, kata Condrowati, di Jalur Prestasi Non Akademik, setiap satuan pendidikan harus memberlakukan Kros Cek data secara cermat, apakah asli atau palsu piagam atau sertifikat yang dilampirkan. Kemudian, pihak sekolah membuka sistem tes bagi peserta berprestasi non akademi. Minimal tes kecabangan dari piagam yang dilampirkan, atau tes mengaji bagi penghapal al-quran.

“Saya rasa, kalo pihak sekolah SMAN 1 mau lebih terbuka soal dua poin tadi, dan menerapkan sistem tersebut, gak melebar dan gak serumit ini kok. Karena, nyata dan jelas indikasi letak permainan itu, ada di jalur pretasi dan zonasi,” tegasnya.

Kemudian, Deni Ribowo anggota DPRD Lampung fraksi partai Demokrat menyampaikan persoalan ini sudah menjadi masalah untuk kita semua.

“Sudah ada banyak pengaduan yang dilakukan oleh masyarakat dengan adanya program PPDB ini, namun menjaga kerahasiaan dokumen memang harus dilakukan. Untuk itu, supaya kita semua dapat menyikapi hal tersebut, meluruskan segalanya besok anak yang tidak diterima sekolah SMA N 1 Metro akan hadir dan di tes di Komisi V bersama anak didik yang mendapat poin 110 tersebut sebagai pembuktian,” ujar DRB. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *