Gelar sosialisasi, Syarif Hidayat dan Zulkarnain Ridwan : Pancasila perekat bangsa

  • Whatsapp
Zulkarnain Ridwan (kiri) bersama Syarif Hidayat. | Dokumentasi

Grafiknews.com, Bandar Lampung -Pancasila berfungsi merekatkan perbedaan agama, suku bangsa, bahasa, adat istiadat, letak geografis semua kesatuan dalam Republik Indonesia.Dosen Fakultas Hukum Universitas Lampung Zulkarnain Ridwan mengatakan, Pancasila adalah perekat bangsa.

Tanpa Pancasila, kemungkinan besar Indonesia tidak akan pernah berdiri. Kalaupun berdiri, bisa pecah seperti Uni Soviet, Yugoslavia, dan Cekoslovakia.
Namun, karena ada konsensus bersama bernama Pancasila, Indonesia langgeng sampai sekarang.

“Kalau ada yang sekarang masih mau mengutak-atik lalu mencari lagi ideologi lain buat Indonesia, tidak bakalan ketemu. Sebab, menyamakan persepsi itu butuh waktu dan bergantung kelegawaan untuk menerima perbedaan,” kata Zulkarnain Ridwan saat mengisi sosialisasi pembinaan Pancasila dan wawasan kebangsaan gelaran anggota DPRD Lampung Syarif Hidayat di kompleks SDIT Nurul Ilmi, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Telukbetung Timur, minggu, 11/4/2021.

Ia mencontohkan, jika ada uang Rp50 juta untuk warga satu kampung, beragam pendapat muncul hendak diapakan uang itu. Butuh waktu yang panjang.

“Apatah lagi soal ideologi bangsa. Alhamdulillah kita punya Pancasila yang menjadi perekat,” kata dia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *