Fraksi PKS Tampung Keluhan Masyarakat Terkait Pembelajaran Daring

  • Whatsapp

Grafiknews.com, Bandar Lampung – Fraksi PKS DPRD Kota Bandar Lampung menampung keluhan masyarakat terkait kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara online atau daring.

Sekretaris Fraksi PKS Yuni Karnelis menjelaskan, sesuai arahan dari Menteri Pendidikan dan keputusan Walikota maka pembelajaran tahun ajaran 2020-2021 di Bandar Lampung tetap dilakukan secara daring.

Hal ini dilakukan karena wabah dimasa pandemi covid 19 yang masih terjadi sehingga menimbulkan kekhawatiran akan keamanan anak-anak jika pembelajaran dilakukan secara tatap muka atau offline. Di sisi lain ketika harus daring atau online maka timbul masalah-masalah baru.

Fraksi PKS Kota Bandar Lampung lewat anggotanya di Komisi 4 menampung aspirasi masyarakat terkait beberapa kendala-kendala belajar daring atau online ini.

“sedikitnya kami telah menginventarisir permasalahan terkait belajar daring, pertama handphone hanya ada satu, sedangkan anak yang belajar lebih dari satu, sehingga orang tua kewalahan. Kedua, spesifikasi HP standar jadi tidak bisa mendownload aplikasi yg dibutuhkan untuk belajar. Ketiga, ada anak yang ketinggalan materi pelajaran karena harus bergantian pakai HP. Keempat, memakai kuota yang besar sehingga menambah pengeluaran untuk kuota. Kelima, orangtua banyak yang tidak mengerti pelajaran ketika mereka harus mendampingi. Keenam, kendala teknis lainnya, orangtua tidak memiliki skill mengajar dan mendampingi anak sehingga muncul masalah lain ketika orangtua mendampingi anak-anaknya belajar,” tutur Yuni, Selasa, 28/7/2020.

Anggota Komisi 4 ini pun mengatakan bahwa permasalan pembelajaran daring didiskusikan dengan dinas dan Bapak walikota untuk bisa memberikan solusi terkait sistim pendidikan daring yg berlaku secara nasional.

“Paling tidak Pemerintah Kota juga menyiapkan spot-spot wifi dlm rangka mendukung sistim pendidikan daring ini di titik-titik tertentu di beberapa kelurahan. Dan mengedukasi orangtua dengan memberikan bimbingan tentang skill mendampingi anak-anak belajar daring,” ujar Yuni.

Terakhir Yuni mengajak masyarakat sekitar kantor DPD PKS Bandar Lampung untuk mempergunakan wifi gratis yang ada di kantor tersebut.

“silakan datang ke kantor PKS Gedung Air untuk warga sekitar bisa menggunakan fasilitas Wifi di PKS dalam rangka membantu ananda dalam mengikuti sistem pembelajaran daring,” pungkas Yuni.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *