Inilah Pentingnya Laporan Keuangan Untuk UMKM

  • Whatsapp

* Artikel

LAPORAN keuangan merupakan suatu Informasi untuk menggambarkan kondisi perusahaan, yang diharap mampu memberi bantuan bagi pengguna yang membuat keputusan bersifat finansial karena laporan keuangan menjadi dasar dalam menentukan keputusan dalam usaha.

Laporan keuangan yang meliputi unsur unsur laporan keuangan memberikan informasi tentang posisi keuangan dan pencapaian perusahaan. Data keuangan lebih baik jika dianalisis lebih lanjut sehingga membantu pengambilan keputusan dan evaluasi periode yang telah lalu. Laporan keuangan dibutuhkan oleh pihak internal dan eksternal perusahaan yang meliputi investor, karyawan, pihak manajemen, supplier, kreditur usaha, pemerintah, dan berbagai pihak lainnya.

Baca Juga :

Mau Bayar Lesing-leasing Ini? Solusinya ke Agen Mandiri Mitra Inspiratif

Jenis jenis laporan keuangan perusahaan biasanya dibuat secara periodik, yaitu tahunan, semesteran, triwulan, bulanan, hingga harian. Laporan keuangan berasall dari proses akuntansi sebagai sistem informasi untuk menghubungkan data keuangan dengan aktivitas perusahaan yang berkepentingan dengan berbagai pihak.

Namun belum banyak yang menganggap penting membuat laporan keuangan yang terstruktur secara rutin misalnya sektor UMKM. UMKM adalah usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang memenuhi kriteria sebagai usaha mikro.

Menurut perundang-undangan No 20 tahun 2008, UMKM dibedakan sesuai kriteria masing-masing meliputi usaha mikro, usaha kecil dan usaha kecil menengah. Membuat laporan keuangan pada sektor UMKM sangat penting karena selain bisa mengontrol biaya operasional bisnis juga bisa mengetahui hutang piutang hingga mungkin memperhitungkan pajak.

Sektor UMKM di Indonesia merupakan salah satu bidang yang memberikan kontribusi yang signifikan dalam memacu pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dikarenakan daya serap UKM terhadap tenaga kerja yang sangat besar dan dekat dengan rakyat kecil.

Fungsi dan Manfaat

Berikut ini manfaat atau fungsi laporan keuangan menurut Statement of Financial Accounting Concept No. 1:

Laporan keuangan menyajikan informasi yang membantu investor, kreditor dan pengguna lainnya yang potensial sehingga berbagai pihak bisa membuat keputusan secara rasional yang tentunya bermanfaat juga bagi perusahaan.

Laporan keuangan menyediakan informasi untuk membantu berbagai pihak eksternal seperti investor, kreditor, dan pengguna lain yang potensial untuk memperkirakan jumlah waktu dan ketidakpastian penerimaan kas pada masa mendatang yang berasal dari pembagian deviden atau pembayaran bunga dan penghasilan dari penjualan.

Laporan keuangan menyediakan informasi tentang sumber daya ekonomi perusahaan yang dipakai dalam kegiatan operasional secara keseluruhan yang diklaim oleh pemilik perusahaan atau pemilik modal terbesar.

Laporan keuangan menyediakan informasi tentang prestasi perusahaan selama satu periode perusahaan. Pihak eksternal seperti Investor dan kreditor biasanya memakai informasi masa lalu untuk menaksir prospek perusahaan.

Manfaat laporan keuangan berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan sesuai prinsip prinsip akuntansi (Ikatan Akuntan Indonesia, 2002:4).

Menyediakan informasi tentang posisi keuangan sesuai hakikat akuntansi, kinerja, dan perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang berhubungan dengan pengambilan keputusan ekonomi.
Memenuhi kebutuhan sebagian besar pemakai yang berpengaruh terhadap transaksi keuangan dan terkadang juga bisa menyajikan informasi nonkeuangan.

Menunjukkan kinerja manajemen (stewardship) atau pertanggungjawaban manajemen terhadap sumber daya yang dipercayakan kepada pihak manajemen. Pengguna laporan keuangan (pemiliki perusahaan dan direksi) yang menilai kinerja atau pertanggungjawaban manajemen sehingga pemilik modal bisa membuat keputusan ekonomi untuk menahan atau menjual investasi di dalam perusahaan. Keputusan yang dibuat biasanya juga dilakukan untuk mengangkat kembali atau mengganti manajemen.

Menyediakan informasi tentang jenis dan jumlah aktiva (harta) yang dimiliki perusahaan pada masa kini (dalam satu periode) sehingga pihak internal perusahaan bisa melakukan keputusan untuk pembaharuan aset atau mempertahankan yang ada.

Menyediakan informasi tentang jenis dan jumlah kewajiban serta modal yang dimiliki perusahaan pada masa kini. Jika modal dirasa tidak cukup maka pihak internal harus melakukan berbagai upaya agar banyak investor yang menanamkan modal di perusahaan tersebut.

Menyediakan informasi tentang jenis dan jumlah pendapatan yang diperoleh pada suatu periode sehingga jika terjadi penurunan pendapatan maka harus dilakukan peningkatan promosi agar penjualan semakin meningkat.

Menyediakan informasi tentang jumlah biaya dan jenis biaya perusahaan dalam suatu periode tertentu sehingga perusahaan bisa mengurangi biaya atau penghematan berbagai sumber daya.
Menyediakan informasi tentang perubahan-perubahan akibat ketersediaan dan pemakaian aktiva (macam macam harta dalam akuntansi), pasiva, dan modal perusahaan sehingga pihak manajemen bisa menetapkan berbagai kebijakan yang bermanfaat bagi perusahaan.

Menyediakan informasi tentang kinerja manajemen perusahaan dan catatan atas laporan keuangan dalam suatu periode.

Itulah beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan saat menerapkan pencatatan akuntansi untuk usaha Anda. Laporan keuangan UMKM yang akurat dan baik juga dapat digunakan untuk mengetahui posisi keuangan perusahaan, sebagai alat pengambilan keputusan, dan syarat untuk mengajukan pinjaman ke bank atau mendapatkan investor.

Jika tidak membuat laporan keuangan UMKM, maka seringkali terjadi dampak, seperti tidak bisa mendapat pinjaman modal usaha dari bank atau sulit untuk menentukan keputusan perusahaan, laporan keuangan untuk UMKM baiknya sudah dipersiapkan dan dibuat sejak awal terbentuknya usaha.

Perlunya laporan keuangan, karena laporan keuangan akan sangat berpengaruh pada kemajuan usaha, sehingga data pemasukan, pengeluaran, utang dan piutang yang pernah terjadi dapat membantu untuk pengambilan keputusan serta menghitung margin, bahkan mampu meningkatkan profit keuangan perusahaan secara maksimal.

Namun, jika laporan keuangan UMKM, diabaikan sejak awal maka yang terjadi adalah tertunda dalam menyadari ketika adanya kecurangan. Hal tersebut bisa membuat usaha menjadi pailit atau bangkrut, karena data tidak lengkap dan kesulitan menentukan kebijakan yang tepat terkait terpuruknya keuangan di perusahaan.

Selain itu, pelaku usaha juga menjadi tidak mengetahui seberapa besar pajak yang wajib disetorkan, seberapa banyak keuntungan dan kerugian yang mungkin terjadi dan harus diantisipasi. Tanpa adanya laporan keuangan yang baik maka, akan kesulitan untuk memperoleh pinjaman guna mengembangkan usaha Anda.

Cent sebagai perusahaan jasa akuntansi sangat membantu untuk UMKM dan usaha besar dalam pembuatan laporan keuangan dan penghitungan pajak. Cent memberikan kemudahan untuk Anda pelaku usaha, tanpa ribet dengan software yang mahal atau pencatatan manual yang membingungkan, jangan ragu dan jangan sungkan untuk menghubungi Cent untuk kemudahan pelaporan keuangan bisnis Anda. (centbook.id)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *